Thursday, August 9, 2012

FIQIH MEMBAHAS TENTANG ZAKAT


بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ
وَمَا آُتَيْتُمْ مِنْ زَكَاةٍ تُرِيْدُونَ وَجْهَ اللهِ فَأُولَئِكَ هُمُ المُضْعِفُونَ
Dan apa yang kamu berikan berupa zakat yang kamu maksudkan untuk mencapai keridhaan Allah, Maka (yang berbuat demikian) Itulah orang-orang yang melipat gandakan (pahalanya). (QS. Ar-Ruum 39)

Pengertian zakat
الزَّكاَةُ فيِ اللُّغَةِ النَّمْوُ وَالبَرْكَةُ وَكَثْرَةُ الخَيْرِ , وَفيِ الشَّرْعِ إِِسْمٌ لِقَدْرٍ مِنَ ماَلِ مَخْصُوْصٍ يُصَرَّفُ ِلأَصْناَفٍ مَخْصُوْصَةٍ بِشَرَائِطَ
Artinya :
Zakat menurut bahasa adalah bersih, berkah atau kebaikan yang banyak. Sedangkan zakat menurut  istilah agama adalah nama harta tertentu yang diambil dari harta tertentu melalui ketentuan tertentu dan diberikan kepada kelompok tertentu yang memenuhi syarat.

Harta wajib zakat
Harta yang wajib dikeluarkan zakatnya ada lima macam, yaitu hewan ternak, emas perak, makanan pokok, buah-buahan dan harta niaga.

Adapun zakat propesi atau zakat dari penghasilan tetap sama dengan zakat emas-perak atau zakat Maal, karena termasuk kategori harta dan wajib dizakati, zakat profeasi yang berpenghasilan tetap ialah kandungan makna dari zakat emas-perak atau zakat Maal.

Zakat hewan ternak
Hewan ternak yang wajib zakat ada 3 jenis, yaitu unta, sapi atau kerbau dan kambing atau domba.
Syarat wajib zakat hewan ternak ada 6, yaitu Islam, merdeka, milik sempurna, nishab, haul dan dilepas liar. Nishab zakat hewan ternak Awal mula nishab unta adalah 5 ekor, dan wajib zakatnya  1 ekor kambing Jada’ah. Awal mula nishab sapi adalah 30 ekor, dan wajib zakatnya 1 ekor sapi Tabi’ yaitu sapi usia satu tahun. Awal mula nishab kambing adalah 40 ekor, dan wajib zakatnya  1 ekor kambing Jada’ah.

Zakat Emas perak
Syarat wajib zakat emas perak ada 5, yaitu Islam, merdeka, milik sempurna, nishab dan haul.
Nishab emas adalah 20 mitsqol (93,6 gram) dan wajib zakatnya 2,5% sedangkan nishab perak adalah 200 dirham (624 gram) dan wajib zakatnya 2,5%.

Zakat makanan pokok
Syarat wajib zakat makanan pokok ada 3, yaitu ditanam sendiri, sebagai makanan pokok setempat dan nishab. Nishab makanan pokok seperti padi adalah 5 Ausuq (kira-kira 700 kg) wajib zakatnya 5%.

Zakat Buah-buahan
Buah-buahan yang wajib dikeluarkan zakatnya ada dua yaitu buah kurma dan anggur. Syarat wajib zakat buah-buahan ada 4, yaitu Islam, merdeka, milik sempurna dan nishab. Nishab buah-buahan sama dengan nishab makanan pokok yaitu 5 Ausuq, wajib zakatnya 5%.

Zakat harta niaga
Syarat wajib zakat harta niaga sama dengan syarat wajib zakat emas perak yaitu 5 macam, diantaranya Islam, merdeka, milik sempurna, nishab dan haul. Harta niaga dihitung di akhir tahun dengan nilai harga, apabila dia mencapai sampai pada nishab yaitu sebesar 20 mitsqol emas (93,6 gram) atau 200 dirham perak (624 gram), zakatnya sebesar 2,5%.

Zakat Fitrah
وَتَجِبُ زَكاَةُ الفِطْرِ بِثَلاَثَةِ أَشْياَءَ ؛ الإِسْلاَمُ , وَغُرُوْبُ الشَّمْسِ مِنْ آَخِرِ يَوْمٍ مِنْ رَمَضَانَ , وَوُجُوْدُ الفَضْلِ عَنْ قُوْتِهِ وَقُوْتِ عِياَلِهِ فيِ ذَلِكَ اليَوْمِ , وَيُزَكِّيْ عَنْ نَفْسِهِ وَعَمَّنْ تَلْزَمُهُ نَفَقَتُهُ مِنَ المُسْلِمِيْنَ  
Artinya :
Wajib zakat Fitrah disebabkan 3 hal, yaitu Islam, terbenam matahari pada hari terakhir bulan Ramadlan dan memiliki harta lebih dari kebutuhan pokok dirinya dan keluarga. Ketika memenuhi tiga hal tersebut maka wajib mengeluarkan zakat fitrah dirinya dan zakat fitrah anggota keluarga yang menjadi tanggungannya yang muslim.

Besar zakat fitrah adalah 3,25 liter beras tiap orang, termasuk bayi yang baru lahir, zakat fitrah ini bisa diuangkan sesuai dengan harga beras yang layak.

Mustahiq (orang yang berhak menerima zakat)
وَتُدْفَعُ الزَّكاَةُ إِلىَ الأَصْناَفِ الثَّماَنِيَّةِ الَّذِيْنَ ذَكَرَهُمُ اللهُ تَعاَلىَ فيِ كِتاَبِهِ بِقَوْلِهِ سُبْحاَنَهُ - إِنَّماَ الصَّدَقاَتُ لِلْفُقَرَاءِ وَالمَساَكِيْنِ وَالعاَمِلِيْنَ عَلَيْهاَ وَالمُؤَلَّفَةِ قُلُوْبُهُمْ وَفيِ الرِّقاَبِ وَالغاَرِمِيْنَ وَفيِ سَبِيْلِ اللهِ وَابْنِ السَّبِيْلِ - أَوْ إِلىَ مَنْ يُوْجَدُ مِنْهُمْ
Artinya :
Zakat disalurkan kepada delapan kelompok yang berhak menerima zakat, sebagaimana diabadian Allah dalam Al-Qur’an - Sesungguhnya zakat-zakat itu, hanyalah untuk orang-orang fakir, orang-orang miskin, pengurus-pengurus zakat, Para mu'allaf yang dibujuk hatinya, untuk (memerdekakan) budak, orang-orang yang berhutang, untuk jalan Allah dan untuk mereka yuang sedang dalam perjalanan. - (QS. At-taubah 60) Atau disalurkan terhadap orang-orang yang ditemukan diantara semuanya.

Catatan :
Harta zakat harus diberikan kepada mustahiqnya dulu, tidak boleh disalurkan atau digunakan kepada yang lain yang tidak termasuk Mustahiq sesuai defnisi mustahiq zakat, artinya zakat tidak boleh disalurkan seperti untuk pembangunan mesjid, kecuali ada persetujuan mustahiq-mustahiq itu sendiri.

Niat mengeluarkan Zakat

a. Niat zakat Fithrah dari diri sendiri
نَوَيْتُ أَنْ أُخْرِجَ زَكاَةَ الفِطْرِ عَنْ نَفْسِى فَرْضاً ِللهِ تَعاَلىَ
“Saya niat mengeluarkan zakat Fitrah dari diri saya sendiri fardu karena Allah Sw”

b. Niat zakat Fithrah dari diri sendiri dan keluarga

نَوَيْتُ أَنْ أُخْرِجَ زَكاَةَ الفِطْرِ عَنْ نَفْسِى وَعَمَّنْ تَلْزَمُنِى نَفَقَتُهُمْ فَرْضاً ِللهِ تَعاَلىَ
“Saya niat mengeluarkan zakat Fitrah diri saya dan keluarga tanggungan saya, fardu karena Allah Sw”

c. Niat zakat harta (emas perak)
نَوَيْتُ أَنْ أُخْرِجَ زَكاَةَ الماَلِ فَرْضاً ِللهِ تَعاَلىَ
“Saya niat mengeluarkan zakat harta fardu karena Allah Sw”

d. Niat zakat niaga
نَوَيْتُ أَنْ أُخْرِجَ زَكاَةَ التِّجاَرَةِ فَرْضاً ِللهِ تَعاَلىَ
“Saya niat mengeluarkan zakat niaga fardu karena Allah Sw”

e. Do’a ketika menerima zakat

آَجَرَكَ اللهُ فِيْماَأَعْطَيْتَ وَباَرَكَ فِيْماَأَبْقَيْتَ وَجَعَلَهُ لَكَ طَهُوْراً
“Semoga Allah Swt memberi pahala kepada anda akan zakat yang telah anda keluarkan dan memberkahkan harta yang masih tersisa sekaligus menjadi harta yang suci bagi anda”

Allah mengetahui segalanya..

Saturday, August 4, 2012

SEPULUH SUNNAH DALAM BERPUASA

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ
Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan
atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa (QS. Al-Baqoroh 183)
  
Sepuluh yang disunnahkan puasa ialah : 1. Makan sahur, 2. Segera berbuka puasa jika tiba waktunya, 3. Berdoa buka puasa, 4. Mandi wajib sebelum waktu subuh, 5. Menjaga lisan dari berkata yang tidak pantas apalagi yang diharamkan, 6. Menjaga diri agar tidak menuruti hawa nafsu berlebihan, 7. Perbanyak sedekah dan membaca qur'an, 8. Perbanyak i'tikaf terlebih sepuluh hari akhir, 9. Mengkhatamkan qur'an di ramadhan dan 10. Segera qodlo jika ada puasa yang harus di qodlo.

(وَ) سُنَنُ الصَّوْمِ عَشَرَةٌ ؛ الأَوَّلُ مَذْكُوْرٌ بِقَوْلِهِ (سُنَّ تَسَحُرٌ) لِقَوْلِهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ تَسَحَّرُوْا فَإِنَّ فيِ السُّحُوْرِ بَرَكَةٌ وَيَحْصُلُ السَّحُوْرُ عَلَى شَيْءٍ وَإِنْ قَلَّ وَلَوْ جُرْعَةَ مَاءٍ وَيَدْخُلُ وَقْتُهُ بِنِصْفِ اللَّيْلِ وَالأَفْضَلُ تَأْخِيْرُ السَّحُوْرِ ماَ لَمْ يَقَعُ فيِ شَكٍّ لِخَبَرِ الصَّحِيْحَيْنِ لاَ تَزَالُ أُمَّتِيْ بِخَيْرٍ ماَ عَجِّلُوْا الفِطْرَ وَأَخِّرُوا السَّحُوْرَ , (وَ) الثّاَنِيْ (تَعْجِيْلُ الفِطْرِ) بَعْدَ تَحَقُّقِ الغُرُوْبِ وَقَبْلَ الصَّلاَةِ لِلْخَبَرِ السَّابِقِ وَسُنَّ ذَلِكَ وَلَوْ مَارًّا بِالطَّرِيْقِ وَلاَ تَنْخَرِمُ مُرُوْءَتُهُ بِهِ كَطَلَبِ الأَكْلِ يَوْمَ عِيْدِ الفِطْرِ قَبْلَ الصَّلاَةِ وَلَوْ مَارًّا بِالطَّرِيْقِ , وَالمُعْتَمَدُ عَدَمُ حُصُوْلِ سُنَّةِ التَّعْجِيْلِ بِالجِمَاعِ لِمَا فِيْهِ مِنْ إِضْعَافِ القُوَّةِ

(وَ) سُنَّ أَنْ يَكُوْنَ الفِطْرُ (بِتَمَرٍ فَمَاءٍ) لِخَبَرٍ صَحَّحَهُ التُّرْمُذِيْ وَابْنُ حِبَّانَ إِذَا كَانَ أَحَدُكُمْ صَائِمًا فَلْيُفْطِرْ عَلَى التَّمَرِ فَإِنْ لَمْ يَجِدْ التَّمَرَ فَعَلَى المَاءِ فَإِنَّهُ طَهُوْرٌ , وَتَرْتِيْبُهُ فيِ الأَفْضَلِيَّةِ أَنْ يَكُوْنَ عَلَى رُطَبٍ فَتَمَرٍ فَمَاءٍ فَحُلُوٍ فَحَلَوَاءٍ لِمَا وَرَدَ أَنَّهُ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كاَنَ يُفْطِرُ قَبْلَ أَنْ يُصَلِّيَ عَلَى رُطُباَتٍ فَإِنْ لَمْ يَكُنْ فَعَلَى تَمَرَاتٍ فَإِنْ لَمْ يَكُنْ حِسَّا حَسَوَاتٍ مِنْ مَاءٍ , وَقَضِيَّةُ هَذَا الخَبَرِ أَنَّ السُّنَّةَ تَثْلِيْثُ مَا يُفْطَرُ عَلَيْهِ مِنْ رُطَبٍ وَغَيْرِهِ وَيُقَدَّمُ العَسَلُ عَلَى اللَّبَنِ ِلأَنَّهُمْ نَظَرُوْا لِلْحُلُوِّ فيِ هَذَا المَحَلِ بَعْدَ فَقْدِ التَّمَرِ وَالمَاءِ وَنَحْوِهِمَا مِمَّا وَرَدَ تَفَاؤُلاً بِالحَلاَوَةِ أَوْ لِنَفْعِ البَصَرِ

وَالثَّالِثُ الدُّعَاءُ المَأْثُوْرُ عَقِبَ فِطْرِهِ وَهُوَ – أَللَّـهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ وَبِكَ آَمَنْتُ وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ ذَهَبَ الظَّمَأُ وَابْتَلَتِ العُرُوْقُ وَثَبَّتَ الأَجْرُ إِنْ شَاءَ اللهُ تَعاَلىَ ياَوَاسِعُ الفَضْلِ إِغْفِرْ ليِ أَلحَمْدُ ِللهِ الَّذِيْ هَدَانِيْ فَصُمْتُ وَرَزَقَنِي فَأَفْطَرْتُ , (وَ) الرَّابِعُ (غَسْلٌ عَنِ) الحَدَثِ الأَكْبَرِ مِنْ (جِنَابَةٍ) وَحَيْضٍ وَنِفَاسٍ (قَبْلَ فَجْرٍ) لِيُؤْدِيَ العِبَادَةَ عَلَى الطَّهَارَةِ وَلِلْخَشْيَةِ مِنْ وُصُوْلِ المَاءِ إِلىَ بَاطِنِ الأُذُنِ أَوْ الدُّبُرِ أَوْ غَيْرِهِمَا وَيَنْبَغِي أَنْ يَغْسِلَ هَذِهِ المَوَاضِعَ قَبْلَ الفَجْرِ بِنِيَّةِ رَفْعِ الجِنَابَةِ إِنْ لَمْ يَتَهَيَّأَ لَهُ الغَسْلُ الكَامِلُ ,

وَالخَامِسُ كَفُّ اللِّسَانِ عَمَّا لاَ يَعْنِي سِيْمَا كُلُّ مُحَرَّمٍ كَكَذْبٍ وَغَيْبَةٍ ِلأَنَّهُ مُحْبِطٌ لِلثَّوَابِ , (وَ) السَّادِسُ (كَفُّ) النَّفْسِ عَنْ (شَهْوَةٍ) مُبَاحَةٍ لاَ تَبْطُلُ الصَّوْمُ مِنْ تَوَسُعِ طَعَامٍ وَشَرَابٍ وَتَلَذُّذٍ بِنَحْوِ مَسْمُوْعٍ وَمَبْصَرٍ وَمَلْمُوْسٍ وَمَشْمُوْمٍ كَشَمِّ رَيْحَانٍ وَنَظْرٍ إِلَيْهِ وَلَمْسِهِ ِلأَنَّ فِيْهِ تَرَفُهًا لاَ يُنَاسِبُ حِكْمَةَ الصَّوْمِ

(وَ) السَّابِعُ مَذْكُوْرٌ بِقَوْلِهِ (بِرَمَضَانَ إِكْثَارُ صَدَقَةٍ) وَجُوْدٌ وَزِيَادَةُ تَوْسِعِهِ عَلَى العِيَالِ وَإِحْسِانٍ إِلىَ ذَوِي الأَرْحَامِ وَالجَيْرَانِ وَمِنْ ثَمَّ سُنَّ أَنْ يُفْطِرَهُمْ بِأَنْ يُعْشِيَهُمْ فَإِنْ عَجَزَ عَنْ عَشَائِهِمْ فَطَرَهُمْ بِشُرْبَةِ مَاءٍ أَوْ بِتَمَرَةٍ أَوْ غَيْرِهِمَا لِقَوْلِهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ - مَنَ فَطَرَ صَائِمًا فَلَهُ مِثْلُ أَجْرِهِ وَلاَ يَنْقُصُ مِنْ أَجْرِ الصَّائِمِ شَيْءٌ (وَ) إِكْثاَرُ (تِلاَوَةٍ) وَأَذْكَارٍ وَفَعْلِ الخَيْرَاتِ فيِ كُلِّ مَكاَنٍ حَتَّى الحَمَامَ وَالطَّرِيْقَ فَمِنَ التِّلاَوَةِ المُدَارَسَةِ المُعَبَّرِ عَنْهَا بِالإِدَارَةَ وَهِيَ أَنْ يَقْرَأَ عَلَى غَيْرِهِ وَيَقْرَأَ غَيْرُهُ عَلَيْهِ وَلَوْ غَيْرَ مَاقَرَأَهُ الأَوَّلُ لِخَبَرٍ إِنَّ جِبْرِيْلَ كَانَ يُلْقِى النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فيِ كُلِّ لَيْلَةٍ مِنْ رَمَضَانَ

(وَ) الثَّامِنُ إِكْثَارُ (اعْتِكَافٍ) بِأَنْ يَعْتَكِفَ فيِ جَمِيْعِ الشَّهْرِ وَهُوَ فيِ العُشْرِ الآَخِرِ آَكَّدُ وَلِذَا قاَلَ (سِيَّمَا) بِالتَّشْدِيْدِ وَالتَّخْفِيْفِ وَهِيَ دَالَةٌ ِلأُوْلُوِيَّةِ مَابَعْدَهَا بِالحُكْمِ مِمَّا قَبْلَهَا لاَ مُسْتَثْنَى بِهَا وَالأَفْصَحُ جَرُّ مَابَعْدَهَا عَلَى الإِضَافَةِ وَتَقْدِيْمِ لاَ عَلَيْهَا بَلْ قاَلَ بَعْضُ المُحَقِّقِيْنَ إِنَّ حَذْفَهَا لَحْنٌ وَمَا زَائِدَةٌ وَيَجُوْزُ رَفْعُ مَا بَعْدَ لاَ سِيَّمَا عَلَى أَنَّهُ خَبَرُ مُبْتَدَأٍ مَحْذُوْفٍ وَمَا حِيْنَئِذٍ مَوْصُوْلَةٌ وَيَجُوْزُ نَصْبُهُ عَلَى أَنَّهُ مَفْعُوْلٌ لِفِعْلٍ مَحْذُوْفٍ وَهُوَ صِلَّةٌ لِمَا أَيْ لاَ شَيْءَ الَّذِيْ أُرِيْدُ (عَشْرَ آَخِرِهِ) فَهِيَ أَوْلىَ بِذَلِكَ كُلِّهِ مِنْ غَيْرِهِ ِللاِتِّبَاعِ وَِلأَنَّهُ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كاَنَ إِذَا دَخَلَ العُشْرُ الأَخِيْرُ أَحْياَ اللَّيْلَ وَأَيْقَظَ أَهْلَهُ وَشَدَّ المِئْزَرَ وَهَذَا كِنَايَةٌ عَنِ الإِقْبَالِ عَلَى العِبَادَةِ بِهِمَّةٍ وَنَشَاطٍ

وَالتَّاسِعُ خَتْمُ القُرْآَنِ فيِ جَمِيْعِ رَمَضَانَ , وَالعَاشِرُ التَّتَابُعُ فيِ قَضَاءِ رَمَضَانَ

Pustaka : Fiqih Imam Syafe’i, Nihayatuz-Zein, Syekh Nawawi

KONSULTASI HUKUM ISLAM

KAJIAN HARI SABTU

KAJIAN HARI MINGGU

TADARUS MALAM RABU

SYARAH SAFINATUN-NAJA

SYARAH SAFINATUN-NAJA
TERJEMAH KASYIFATUS-SAJA SYARAH SAFINATUN-NAJA

WASPADAI BELAJAR TANPA GURU

WASPADAI BELAJAR TANPA GURU
Ketika mendapatkan ilmu agama Islam tanpa bimbingan guru Maka jelas gurunya syetan, bahkan kesesatan akan lebih terbuka lebar Waspadailah belajar agama Islam tanpa bimbingan guru. Nah, apakah anda punya guru? .. kunjungilah beliau…!! Apabila ingin mendapat ilmu manfaat dan terjaga dari kesesatan

SILSILAH GURU AHMAD DAEROBIY (KANG DAE)