Monday, August 1, 2011

PAHALA SHALAT TARAWIH

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمّنِ الَّحِيْمِ

Hadits ini diterima dari baginda Ali bin Abu Thalib ra, beliau berkata ; Baginda Nabi Muhammad Saw ditanya tentang keutamaan shalat Tarawih di bulan Ramadhan, beliau saw menjawab ;

Malam Pertama ;
يَخْرُجُ المُؤْمْنُ مِنْ ذَنْبِهِ فىِ أَوَّلِ لَيْلَةٍ كَيَوْمِ وَلَدَتْهُ أُمُّهُ
Seorang mukmin yang melaksanakan shalat Tarawih di malam pertama akan mendapatkan pahala keluar dari segala dosanya, dia menjadi suci, bersih tak berdosa sama seperti pada saat dia dilahirkan ibunya.

Malam Kedua ;
يُغْفَرُ لَهُ وَِلأَبَوَيْهِ إِنْ كاَناَ مُؤْمِنَيْنِ
Seorang mukmin yang melaksanakan shalat Tarawih di malam kedua akan mendapatkan pahala diampunkan dosanya dan dosa kedua orang tuanya, apabila kedua orang tuanya itu pada mukmin.

Malam Ketiga ;
يُناَدِى مَلَكٌ مِنْ تَحْتِ العَرْشِ إِسْتَأْنِفْ العَمَلَ غَفَرَ اللهُ ماَتَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِكَ 
Pada malam ketiga ada seorang malaikat yang berada di bawah 'Arasy (ruang diatas langit) berteriak-teriak berkali-kali yang bunyinya "Mulailah berbuat kebaikan karena Allah akan mengampunkan dosamu yang telah lalu". Dia akan mendapatkan pahala tersebut ketika memulai berbuat kebaikan termasuk shalat tarawih pada malam ketiga.

Malam Keempat ;
لَهُ مِنَ الأَجْرِ مِثْلَ قِرَاءَةِ التَّوْرَاةِ وَالإِنْجِيْلِ وَالزَّبُوْرِ وَالفُرْقاَنِ
Orang yang melaksanakan shalat tarawih di malam keempat akan mendapatkan pahala seperti pahala orang yang membaca kitab suci Taurat, Injil, Zabur dan Al-Qur'an.

Malam Kelima ;
أَعْطاَهُ اللهُ تَعاَلىَ مِثْلَ مَنْ صَلَّى فىِ المَسْجِدِ الحَراَمِ وَمَسْجِدِ المَدِيْنَةِ وَالمَسْجِدِ الأَقْصَى 
Orang yang melaksanakan shalat tarawih di malam kelima Allah Swt akan memberikannya pahala sama seperti pahala orang yang shalat di Masjidil-Haram, di Masjidil-Madinah dan Masjidil-Aqso, tiga mesjid sekaligus.

Malam Keenam ;
أَعْطاَهُ اللهُ تَعاَلىَ ثَوَابَ مَنْ طاَفَ بَالبَيْتِ المَعْمُوْرِ وَيَسْتَغْفِرُ لَهُ كُلُّ حَجَرٍ وَمِدَرٍ 
Orang yang melaksanakan shalat tarawih di malam keenam akan mendapatkan pahala seperti pahala orang yang melaksanakan towaf di Baitil-Makmur (tempat towaf malaikat di langit) dan jugta setiap batu dan tanah keras memohonkan ampunan untuk dirinya.

Malam Ketujuh ;

فَكَأَنَّماَأَدْرَكَ مُوْسَى عَلَيْهِ السَّلاَمُ وَنَصَرَهُ عَلَى فِرْعَوْنَ وَهاَماَنَ
Orang yang melaksanakan shalat tarawih di malam ketujuh akan mendapatkan pahala seolah dia berada di zaman nabi Musa as kemudian dia menjadi sahabat beliau dan dapat menolong beliau dalam mengalahkan kekufuran Fir'aun dan Haman.

Malam Kedelapan ;
أَعْطاَهُ اللهُ تَعاَلىَ ماَأُعْطِىَ إِبْراَهِيْمَ عَلَيْهِ السَّلاَمُ
Orang yang melaksanakan shalat tarawih di malam kedelapan akan mendapatkan pahala dan karunia seperti pahala dan karunia yang diberikan kepada Nabi Ibrohim as.

Malam Kesembilan ;
فَكَأَنَّماَ عَبَدَ اللهَ تَعاَلىَ عِباَدَةَ النَّبِىِّ عَلَيْهِ الصَّلاَةُ وَالسَّلاَمُ
Orang yang melaksanakan shalat tarawih di malam kesembilan akan mendapatkan pahala ibadah kepada Allah Swt sama seperti pahala ibadah baginda Nabi Muhammad Saw.

Malam Kesepuluh ;
يَرْزُقُهُ اللهُ خَيْرَى الدُّنْياَ وَالأَخِرَةِ
Orang yang melaksanakan shalat tarawih di malam kesepuluh akan diberikan karunia yaitu mendapat kebaikan kesejahteraan di dunia dan di akhirat.

Malam Kesebelas ;
يَخْرُجُ مِنَ الدُّنْياَ كَيَوْمِ وُلِدَ مِنْ بَطْنِ أُمِّهِ
Orang yang melaksanakan shalat tarawih di malam kesebelas maka dia akan meninggalkan dunia dalam keadaan suci tidak berdosa sama seperti pada saat dia terlahir dari kandungan ibunya.

Malam Kedua belas ;

جاَءَ يَوْمَ القِياَمَةِ وَوَجْهُهُ كَالقَمَرِ لَيْلَةَ البَدْرِ
Orang yang melaksanakan shalat tarawih di malam kedua belas akan datang nanti di hari qiyamah, mukanya akan bercahaya laksana bulan purnama. Ini menandakan bahwa dia termasuk orang yang selamat di akhirat.

Malam Ketiga belas ;
جاَءَ يَوْمَ القِياَمَةِ آَمِناً مِنْ كُلِّ سُوْءٍ
Orang yang melaksanakan shalat tarawih di malam ketiga belas akan datang nanti dia di hari qiyamah, dia aman serta terlindung dari segala macam keburukan dan ketidak-baikan.

Malam Keempat belas ;
جاَءَتْ المَلاَئَكَةُ يُشَهِّدُوْنَ لَهُ أَنَّهُ قَدْ صَلَّى التَّراَوِيْحَ فَلاَيُحاَسِبُهُ اللهُ يَوْمَ القِياَمَةِ 
Orang yang melaksanakan shalat tarawih di malam keempat belas, akan datang malaikat pada bersaksi bahwa dia telah melaksanakan shalat tarawih, sehingga Allah Swt tidak akan menghisab amalnya di hari qiyamah.

Malam Kelima belas ;

تُصَلِّى عَلَيْهِ المَلاَئِكَةُ وَحَمَلَةُ العَرْشِ وَالكُرْسِى 
Orang yang melaksanakan shalat tarawih di malam kelima belas, maka dia akan dido'akan para malaikat agar dilimpahkan kasih sayang Allah Swt, termasuk malaikat yang memikul 'Arasy dan malaikat yang memikul Kursi (Kursi ialah salah satu ruang lebih kecil dari 'Arasy dan dia berada di depan 'Arasy).

Malam Keenam belas ;
كَتَبَ اللهُ لَهُ بَرَاءَةَ النَّجاَةِ مِنَ النَّارِ وَبَرَاءَةَ الدُّخُوْلِ فىِ الجَنَّةِ
Orang yang melaksanakan shalat tarawih di malam keenam belas, Allah Swt akan mencatat dirinya bebas serta selamat dari api neraka dan mendapat kemudahan masuk ke sorga.

Malam Ketujuh belas ;
يُعْطِى مِثْلَ ثَواَبِ الأَنْبِياَءِ
Orang yang melaksanakan shalat tarawih di malam ketujuh belas, maka dia akan diberikan pahala sama seperti pahala yang didapatkan oleh semua para nabi Allah Swt.

Malam Kedelapan belas ;
ناَدَى مَلَكٌ ياَعَبْدَ اللهِ إِنَّ اللهَ رَضِىَ عَنْكَ وَعَنْ وَالِدَيْكَ 
Orang yang melaksanakan shalat tarawih di malam kedelapan belas, pada malam ini ada seorang malaikat memanggil, memberitahu kepadanya ; "Wahai hamba Allah sesungguh-nya Allah Swt telah ridlo kepada dirimu dan ridlo kepada kedua orang tuamu".

Malam Kesembilan belas ;
يَرْفَعُ اللهُ دَرَجاَتَهُ فىِ الفِرْدَوْسِ 
Orang yang melaksanakan shalat tarawih di malam kesembilan belas, maka Allah Swt akan menaikkan martabatnya dalam sorga Firdaus, ialah sorga yang paling tinggi.

Malam Kedua puluh ;
يُعْطَى ثَواَبَ الشُّهَداَءِ وَالصَّالِحِيْنَ
Orang yang melaksanakan shalat tarawih di malam kedua puluh, akan diberi pahala sama seperti pahala orang-orang yang meninggal syahid dan pahala orang-orang yang soleh.

Malam Keduapuluh satu ;
بَنَى اللهُ لَهُ بَيْتاً فىِ الجَنَّةِ مِنَ النُّوْرِ 
Orang yang melaksanakan shalat tarawih di malam kedua puluh satu, Allah Swt mendiri-kan untuknya sebuah gedung mewah di sorga yang diciptakan Allah Swt dari cahaya.

Malam Kedua puluh dua ;
جاَءَ يَوْمَ القِياَمَةِ آَمِناً مِنْ كُلِّ غَمٍّ وَهَمٍّ 
Orang yang melaksanakan shalat tarawih di malam kedua puluh dua, akan datang di hari qiyamah dia akan aman dan terlindung dari segala keresahan dan kesulitan saat itu.

Malam Kedua puluh tiga ;
بَنَى اللهُ لَهُ مَدِيْنَةً فىِ الجَنَّةِ
Orang yang melaksanakan shalat tarawih di malam kedua puluh tiga, maka Allah Swt akan mendirikan kota besar untuk dirinya di sorga.

Malam Kedua puluh empat ;
كاَنَ لَهُ أَرْبَعٌ وَعِِشْرُوْنَ دَعْوَةً مُسْتَجاَبَةً
Orang yang melaksanakan shalat tarawih di malam kedua puluh empat, ia akan mendapati dua puluh empat jenis permohonan dirinya yang dipanjatkan kepada Allah Swt dan semua itu akan segera dikabulkan.

Malam Kedua puluh lima ;
يَرْفَعُ اللهُ تَعاَلىَ عَنْهُ عَذاَبَ القَبْرِ
Orang yang melaksanakan shalat tarawih di malam kedua puluh lima, Allah Swt akan menghilangkan siksa kubur dari dirinya.

Malam Kedua puluh enam ;
يَرْفَعُ اللهُ لَهُ ثَواَبَهُ أَرْبَعِيْنَ عاَماً
Orang yang melaksanakan shalat tarawih di malam kedua puluh enam, Allah Swt akan menaikkan pahala dari shalat tarawihnya naik menjulang tinggi mulia selama empat puluh tahun (dan kebaikannya akan kekal).

Malam Kedua puluh tujuh ;

جاَزَ يَوْمَ القِياَمَةِ عَلَى الصِّراَطِ كاَلبَرْقِ الخاَطِفْ 
Orang yang melaksanakan shalat tarawih di malam kedua puluh tujuh, maka dia akan melewati jembatan Shirotol-musatqim di hari qiyamah dengan sangat cepat sekali sama seperti kecepatan kilat yang menyambar.

Malam Kedua puluh delapan ;
يَرْفَعُ اللهُ لَهُ أَلْفَ دَرَجَةٍ فىِ الجَنَّةِ 
Orang yang melaksanakan shalat tarawih di malam kedua puluh delapan, Allah Swt akan menaikkan untuk dirinya seribu derajat (100 tingkat) martabat di sorga.

Malam Kedua puluh sembilan ;
أَعْطاَهُ اللهُ ثَواَبَ أَلْفِ حَجَّةٍ مَقْبُوْلَةٍ
Orang yang melaksanakan shalat tarawih di malam kedua puluh sembilan, Allah Swt akan memberikan kepadanya pahala seribu kali naik haji yang maqbul (yang diterima).

Malam Ketiga puluh ;
يَقُوْلُ اللهُ ياَعَبْدِى كُلْ مِنْ ثِماَرِ الجَنَّةِ وَاغْتَسِلْ مِنْ ماَءِ السَّلْسَبِيْلِ وَاشْرِبْ مِنَ الكَوْثَرِ أَناَ رَبُّكَ وَأَنْتَ عَبْدِى 
Orang yang melaksanakan shalat tarawih di malam ketiga puluh, maka Allah Swt berkata kepadanya ; "Wahai hambaku, makanlah buah-buahan sorga, mandilah dengan air suci sungai salsabil di sorga, minumlah air telaga kautsar, sesungguhnya Aku adalah Tuhamu dan kamu adalah hambaKu" Orang yang minum sekali teguk saja air telaga kautsar meskipun masuk neraka, maka neraka baginya akan terasa dingin, dia kebal, sehingga api neraka tidak akan dapat membakar dirinya sampai kapanpun juga.

Pustaka : Durratun-Nasihin, Ahmad Asy-Syakir, hal. 19


WASPADALAH..., MENDAPATKAN ILMU TANPA GURU

وَمِنْ كَلاَمِ أَبِيْ يَزِيْدْ البُسْطاَمِيْ قُدِّسَ سِرُّهُ ؛ مَنْ لَمْ يَكُنْ لَهُ شَيْخٌ فَشَيْخُهُ الشَّيْطاَنُ

Al-Imam Abu Yazid Al-Bustamiy quddisa sirruh menyatakan ; Barangsiapa tidak memiliki susunan guru dalam bimbingan agamanya, tidak ragu lagi niscaya gurunya syetan.

Tafsir Ruhul-Bayan, Juz 5 hal. 203 Makna tafsir QS.Al-Kahfi 60

Ketika tidak mendapatlan ilmu tanpa guru maka jelas dia gurunya syetan dan kesesatannya lebih terbuka lebar, maka waspadailah. Apakah anda punya guru agama? Datangilah beliau, jika anda ingin mendapatkan ilmunya dan bermanfaat..


Lihat LOKASI MAJELIS DZIKIR ARBABUL HIJA di peta yang lebih besar

NASKAH POPULER