Wednesday, September 18, 2013

MENGENAL PENGERTIAN QUNUT

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ
Qunut menurut bahasa ialah rendah diri sedangkan menurut agama ialah memanjatkan do’a dalam shalat yang waktunya pada saat I’tidal dalam raka’at terakhir.

Pada shalat subuh dan separuh witir bulan Ramadlan membaca do’a ini hukumnya sunnah Ab’ad, dan ini disebut dengan Do’a Qunut (yang umum). Selain subuh dan separuh witir bulan Ramadlan juga disunnahkan membaca qunut, akan tetapi tidak termasuk sunnah Ab’ad artinya ketika ia tertinggal tidak perlu melakukan sujud sahwi, do’a ini disebut qunut Nazilah (karena musibah) yaitu do’a qunut yang mengiringi musibah atau malapetaka. do’a ini boleh dibaca pada saat shalat fardu dan juga boleh pada saat shalat sunnah, seperti dluha, tahajud dan lain sebagainya.

Di waktu sekarang do’a qunut Nazilah layak untuk dilakukan setiap kali shalat fardu atau shalat sunnah, paling tidak setiap shalat fardu, karena musibah sudah banyak terjadi di sekitar kita, termasuk musibah fitnah dalam Islam, sekarang ini banyak orang bodoh dalam Islam yang berani mengajarkan dan mengaku dari ajaran Islam padahal itu bukan ajaran Islam.

Dengan demikian dalam shalat Subuh, do’a Qunut (umum) sebelum diakhiri dengan sholawatnya ia bisa dirangkaikan dengan do’a qunut Nazilah-nya.


Do’a Qunut (Umum)

أَللَّـهُمَّ اهْدِناَ فِيْمَنْ هَدَيْتَ وَعاَفِناَ فِيْمَنْ عاَفَيْتَ وَتَوَلَّناَ فِيْمَنْ تَوَلَّيْتَ وَباَرِكْ لَناَ فِيْماَ أَعْطَيْتَ وَقِناَ بِرَحْمَتِكَ شَرَّ ماَقَضَيْتَ , فَإِنَّكَ تَقْضِى وَلاَيُقْضَى عَلَيْكَ وَإِنَّهُ لاَيَذِلُّ مَنْ وَالَيْتَ وَلاَيَعِزُّ مَنْ عاَدَيْتَ تَباَرَكْتَ رَبَّناَ وَتَعاَلَيْتَ فَلَكَ الحَمْدُ عَلَى ماَقَضَيْتَ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوْبُ إِلَيْكَ , وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِناَ مُحَمَّدٍ النَّبِيِّ الأُمِيِّ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ
Artinya :
“Ya Allah, berilah kami petunjuk seperti orang-orang yang telah Engkau beri petunjuk, berilah kami kesehatan seperti orang-orang yang Engkau beri kesehatan, pimpinlah kami bersama-sama dengan orang-orang yang Engkau pimpin, berilah keberkahan pada segala sesuatu yang Engkau berikan kepada kami, lindungilah kami dari kejahatan yang Engkau tentukan, karena sesungguhnya Engkau yang menentukan dan tidak ada yang melebihi ketentuan Engkau, sesungguhnya tidak akan hina orang-orang yang Engkau beri kemuliaan, tidak akan mulia orang-orang yang Engkau musuhi, maha berkah Engkau, maha luhur Engkau, segala puji bagai Engkau, atas apa yang Engkau tentukan, aku memohon ampunan dan kembali kepada Engkau, semoga Allah memberi rahmat, berkah dan salam kepada Nabi Muhammad berserta keluarga dan sahabatnya semua, amien”.

Catatan ;
Kalimat sanjungan yaitu mulai dari Fainnaka Taqdi sampai dengan Wa Atuubu Ilaek dalam shalat berjama’ah tidak diamini oleh makmum, akan tetapi dibaca masing-masing saja.

Do’a Qunut singkat
Do’a Qunut intinya ialah memohon dan memuji Allah Swt, dengan demikian boleh saja jika ingin menyingkat do’a tersebut diantaranya dengan kalimat do’a berikut ;

أَللَّـهُمَّ اغْفِرْ لَناَ ياَغَفُوْرُ وَرْحَمْناَ ياَرَحِيْمُ
Artinya :
Ya Allah ampunilah kami Wahai Yang maha Pengampun, dan kasihilah kami wahai yang maha Pengasih

Do’a Qunut Nazilah
Qunut Nazilah intinya memohon perlindungan dari berbagai macam musibah dengan demikian sebutkanlah memohon perlindungan tersebut terutama musibah-musibah yang terjadi di sekitar anda, contoh Qunut Nazilah diantaranya ;

أَللَّـهُمَّ اكْشِفْ عَنّاَ وَعَنْ جَمِيْعِ المُسْلِمِيْنَ ماَلاَيَكِشِفُهُ غَيْرُكَ أَللَّـهُمَّ اصْرِفْ عَنّاَ وَعَنْ جَمِيْعِ المُسْلِمِيْنَ ماَلاَيَشْرِفُهُ غَيْرُكَ أَللَّـهُمَّ ادْفَعْ عَنّاَ وَعَنْ جَمِيْعِ المُسْلِمِيْنَ ماَلاَيَدْفَعُهُ غَيْرُكَ مِنَ البَلاَءِ وَالوَباَءِ وَالغَلاَءِ وَالطَّاعُوْنِ وَالفِتَنِ وَالمِحَنِ وَالفَشْلِِ وَالهُمُوْمِ وَالغُمُوْمِ وَالخَزَنِ وَشَداَئِدَ وَشَرِّ الأَعْداَءِ وَشَرِّ المُبْتَدِعَةِ وَالحاَسِدِيْنَ
Artinya :
Ya Allah jagalah kami dan semua kaum muslimin dari sesuatu yang tidak dapat menjaganya kecuali Engkau, Ya Allah awasilah kami dan semua kaum muslimin dari sesuatu yang tidak dapat mengawasinya kecuali Engkau, Ya Allah lindungilah kami dan semua kaum muslimin dari sesuatu yang tidak dapat melindungi kecuali Engkau, yaitu dari segala bencana, dari segala musibah, dari segala himpitan ekonomi seperti mahalnya barang kebutuhan, dari segala penyakit seperti Tho’un, dari segala fitnah seperti kejadian buruk dalam agama, dari segala malapetaka dohir dan batin, dari segala musibah kegalalan menggapai harapan, dari segala keresahan, dari segala kesulitan, dari segala kesedihan dan penyesalan, dari segala kesusahan dari segala kejahatan musuh, dari segala kejahatan orang-orang yang memperbaharui agama dan juga dari segala kejahatan dan tipu daya orang-orang yang hasud.

Catatan ;
Saat berdo’a termasuk di saat do’a qunut yang isinya memohon berlindung dari segala musibah, hendaknya mengangkatkan kedua tangan dengan posisi punggung tangan berada di bagian atas, selain dari do’a semacam itu telapak tangan tetap berada di bagian atas, ini sama halnya dengan membaca do’a di luar shalat, ingat !, setelah qunut tidak dianjurkan mengusap muka.


Allah Mengetahui Segalanya
By Kang Dae

KONSULTASI HUKUM ISLAM

KAJIAN HARI SABTU

KAJIAN HARI MINGGU

TADARUS MALAM RABU

SYARAH SAFINATUN-NAJA

SYARAH SAFINATUN-NAJA
TERJEMAH KASYIFATUS-SAJA SYARAH SAFINATUN-NAJA

WASPADAI BELAJAR TANPA GURU

WASPADAI BELAJAR TANPA GURU
Ketika mendapatkan ilmu agama Islam tanpa bimbingan guru Maka jelas gurunya syetan, bahkan kesesatan akan lebih terbuka lebar Waspadailah belajar agama Islam tanpa bimbingan guru. Nah, apakah anda punya guru? .. kunjungilah beliau…!! Apabila ingin mendapat ilmu manfaat dan terjaga dari kesesatan

SILSILAH GURU AHMAD DAEROBIY (KANG DAE)