بِسْمِ اللهِ
الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ
باب في رفع اليدين عند الدعاء
ومسح الوجه بهما بعده
BAB MENGANGKAT TANGAN SAAT BERDO’A
DAN
MENGUSAP MUKA DENGAN DUA TANGAN
SETELAH BERDO’A
عن عمر بن الخطاب قال :
كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا رَفَعَ يَدَيْهِ فيِ الدُّعَاءِ
لَمْ يُحِطْهُمَا حَتَّى يَمْسَحَ بِهِمَا وَجْهَهُ
======
Hadits
ini diterima dari umar bin Al-Khotob, beliau berkata ; Adalah Baginda Nabi SAW
apabila mengangkat kedua tangan dalam berdo’a beliau tidak langsung menurunkan
kedua tangan (setelah berdo’a) melainkan mengusap muka dengan kedua belah
tangannya. (HR. Turmudzi)
قال محمد بن المثنى في حديثه : لم يردهما حتى يمسح بهما وجهه ، قال أبو عيسى
: هذا حديث صحيح غريب
====
Muhammad bin Al-matsani berkata
dalam kitab haditsnya : “Nabi tidak menurunkan kedua tangan melainkan mengusap
dulumuka dengan kedua tangannya. Al-Imam Abu Isa berkata : ini hadits soheh namun asing.
Redaksi hadits ini ialah dalil
dianjurkan mengusap muka setelah berdo’a. Dan kemudian karena pengertian shalat
itu sendiri dari sisi etimologi ialah berdo’a, maka setelah shalat pun ada
beberapa ulama yang memberlakukan mengusap muka.
Hikmah mengusap muka dengan kedua tangan
ialah Tabaruk (mengharap berkah) dan tanbih (peringatan) bahwa semuanya
dikembalikan kepada hakikat yang memadukan antara ruh dan badan. Banyak hal
yang tidak diketahui dalam do’a, baik keinginnan Allah di zaman sebelum
penciptaan makhluq ataupun setelahnya. Karena semua akan binasa kecuali Allah
sendiri yang maha kekal. Sebagaimana firman Allah “Dia. tiap-tiap sesuatu pasti
binasa, kecuali Allah.” (QS. Al-Qoshosh 88)
Diantaranya referensi sunnah
mengusap muka setelah berdo’a dan hikmahnya, ialah :
كان إذا دعا فرفع يديه حال الدعاء مسح وجهه بيديه عند فراغه تفاؤلا
وتيمنا أن كفيه ملئتا خيرا فأفاض منه على وجهه فيتأكد ذلك للداعي ، ذكره الحليمي ،
وقال القونوي : سره أن الإنسان في دعائه ربه متوجه إليه بظاهره وباطنه ولهذا يشترط
حضور القلب في الدعاء كما قال المصطفى صلى الله عليه وسلم إن الله لا يقبل دعاءا من
قلب غافل لاه ، إذا علمته فاعرف أن يده الواحدة تترجم عن توجه الداعي من حيث ظاهره
واليد الأخرى تترجم عن توجهه بباطنه واللسان يترجم عن جملته ومسح الوجه هو التبرك والتنبيه
على الرجوع إلى الحقيقة الجامعة بين الروح والبدن وهو كناية عن غيبة النائب في علم
الحق أزلا وأبدا فإن وجه الشئ حقيقته وهذا الوجه مظهر تلك الحقيقة وإن كشف لك عن سر
قوله تعالى * (كل شئ هالك إلا وجهه) * استشرفت على سر آخر أغرب من هذا يتعذر إفشاؤه
إلا لأهله اهـ
========
(Maaf redaksi yang ini belum sempat
kami terjemahkan, namun maknanya sudah terungkap diatas. Hehehe.. Terima kasih)
Pustaka :
-
Al-Ahkam Asy-Syar’iyyah - Syekh Abu Muhammad Abdul Haq, juz 3, hal.553
-
Faedul QodirSyarah Jami’ Shogir – Syekh Al-manawiy, juz 5 hal. 169
No comments:
Post a Comment
SAMPAIKAN KOMENTAR ATAU KONSULTASI ANDA DI SINI..OK