Wednesday, August 7, 2013

TEKNIS SHALAT LEBARAN

Kami bertiga Mengucapkan
Selamat hari Raya Idul Fitri 1434 H
Mohon Maaf Lahir dan Batin
Minal Aidzin Wal-Faidzin..
بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ
أَللهُ أَكْبَرُ (9×) لآ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَاللهُ أَكْبَرُ , أَللهُ أَكْبَرُ وَِللهِ الحَمْدُ ؛ الحَمْدُ ِللهِ الَّذِى اتَّصَفَ بِالكَماَلاَتْ , وَالصَّلاَةُ وَالسَّلاَمُ عَلَى سَيِّدِناَ مُحَمَّدٍ الَّذِى أُيِّدَ بِالمُعْجِزَاتْ , وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ الَّذِيْنَ فَعَلُوْا الحَسَناَتِ وَاجْتَنِبُوْا المُنْكَراَتْ , وَبَعْدُ ؛

فَياَأَيُّهاَالنَّاسُ اتَّقُوْا اللهَ وَتُزَكُّوْا أَنْفُسَكُمْ ِلأَنَّهُ قَدْ أَفْلَحَ مَنْ تَزَكَّى يَعْنِى مَنْ تَرَكَ المَيْلَ إِلىَ الظُّلْمَةِ ؛ قاَلَ اللهُ تَعاَلىَ فىِ القُرْآنِ الكَرِيْمِ , أَعُوْذُ بِاللهِ مِنَ الشَّيْطاَنِ الرَّجِيْمِ , قَدْ أَفْلَحَ مَنْ تَزَكَّى , وَذَكَرَ اسْمَ رَبِّهِ فَصَلَّى , بَلْ تُؤْثِرُوْنَ الحَياَةَ الدُّنْياَ وَالآخِرَةُ خَيْرُ وَأَبْقَى , إِنَّ هَذاَ لأَفىِ الصُّحُفِ الأُوْلىَ صُحُفِ إِبْرَاهِيْمَ وَمُوْسَى ؛


Segala puji adalah milik Allah, hanya kepada-Nya layak kita dipanjatkan. Pada pagi hari yang cerah ini kita semua berkumpul di mesjid untuk melaksanakan shalat sunnah idul-Fitri, hari yang istimewa, ini semua karena kehendak Allah. 

Pada hari ini, Allah membuat kita, bakan semua ummat manusia merayakan suka cita, riang dan gembira baik yang telah mendapat keuntungan, keberkahan ataupun berbagai macam hidangan makanan dan pakaian baru.Pada hari ini, Allah yang mengharuskan kita berbuka dari puasa Ramadhan, satu bulan. Pada hari ini, Allah menjamu makanan terhadap semua insan. Pada hari ini, Allah juga memerintahkan kita untuk berdandan, berhias, serta mengenakan pakaian yang bagus atau baru, itu karena semata-mata Allah Swt ingin membahagiakan umat manusia.

Sholawat dan Salam semoga terlimpah kepada Baginda Muhammad Saw, Pembawa kedamaian di seluruh kehidupan. Semoga juga terlimpah kepada keluarga, para sahabat, serta seluruh umat manusia, yang senantiasa mengikuti jejak langkah mereka mengamalkan agama, manusia yang selalu patuh dan taat aturan agama.
 

Shalat hari raya Idul Fitri adalah shalat sunnah muakkad, Idul Fitri dilakukan berjama’ah pada tanggal 1 Syawal, boleh juga dilakukan sendiri akan tetapi tanpa ada khutbah. Waktu melaksanakan kedua shalat ini adalah dari semenjak matahari terbit sekitar pukul 07.00 Wib sampai dengan matahari tergelincir sekitar pukul 11.45 Wib Jumlah raka’at pada kedua shalat sunnah ini adalah 2 raka’at, pada raka’at pertama setelah do’a Iftitah melakukan 7 kali takbir selain dari takbiratul-Ikhram, kemudian pada raka’at kedua 5 kali takbir selain takbir bangkit untuk berdiri.

Takbir diiringi angkat tangan seperti halnya Takbiratul-Ikhram, antara takbir diselingi membaca tasbih, yaitu ;

سُبْحاَنَ اللهِ وَالحَمْدُ ِللهِ وَلآ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَاللهُ أَكْبَرُ
“Maha suci Allah, Segala puji bagi Allah, Tiada Tuhan selain Allah, Allah Maha besar”.

Waktu takbir pada hari raya Idul Fitri yang disunnahkan adalah dari terbenam Matahari malam Ied sampai dengan Imam masuk dalam shalat Ied.

Niat shalat Idul Fitri ;

أُصَلِّى سُنَّةً لِعِيْدِ الفِطْرِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ القِبْلَةِ مَاْمُوْماً/إِماَماً أَداَءً ِللهِ تَعاَلىَ
“Saya shalat sunnah Idul fitri dua raka’at menghadap kiblat, makmum/Imam, tunai karena Allah”

Setelah mendirkan shalat Idul Fitri disunnahkan pula untuk mendirikan dua khutbah, dan dalam permulaan khutbah pertama membaca 9 kali takbir berturut-turut, dan pada permualaan khutbah kedua membaca 7 kali takbir, juga berturut-turut.

Kalimat Takbir Idul Fitri dan Idul Adha

أَللهُ أَكْبَرُ , أَللهُ أَكْبَرُ , أَللهُ أَكْبَرُ , لآ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَاللهُ أَكْبَرُ , أَللهُ أَكْبَرُ وَللهِ الحَمْدُ (3×)
Allah maha besar, Allah maha besar, Allah maha besar, tiada tuhan selain Allah, Allah maha besar, Allah maha besar dan bagi Allah segala pujian (3 x)

أَللهُ أَكْبَرُ كَبِيْراً وَالحَمْدُ ِللهِ كَثِيْراً وَسُبْحاَنَ اللهِ بُكْرَةً وَأَصِيْلاً , لآ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَلاَنَعْبُدُ إِلاَّ إِيَّاهُ مُخْلِصِيْنَ لَهُ الدِّيْنَ وَلَوْكَرِهَ الكاَفِرُوْنَ , لآ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهْ صَدَقَ وَعْدَهْ وَنَصَرَ عَبْدَهُ وَأَعَزَّ جُنْدَهْ وَهَزَمَ الأَحْزاَبَ وَحْدَهْ , لآ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَاللهُ أَكْبَرُ أَللهُ أَكْبَرُ وَللهِ الحَمْدُ
Artinya :
Allah maha besar nana gung, segala puji bagi Allah yang banyak, maha suci Allah pagi dan sore, tiada Tuhan selain Allah, kami tidak menyembah melainkan hanya kepadaNya, kami ikhlas karenaNya beragama, meski kami dibenci kaum kafir, tiada Tuhan selain Allah yang maha sendiri, maha benar janjiNya, Dia Yang menolong hambaNya, Yang memuliakan semua pengikutNya dan Dia Yang membinasakan semua penentangNya oleh diriNya sendiri, tiada Tuhan selain Allah, Allah maha besar, Allah maha besar dan bagi Allah segala pujian

By Kang Dae

KONSULTASI HUKUM ISLAM

KAJIAN HARI SABTU

KAJIAN HARI MINGGU

TADARUS MALAM RABU

SYARAH SAFINATUN-NAJA

SYARAH SAFINATUN-NAJA
TERJEMAH KASYIFATUS-SAJA SYARAH SAFINATUN-NAJA

WASPADAI BELAJAR TANPA GURU

WASPADAI BELAJAR TANPA GURU
Ketika mendapatkan ilmu agama Islam tanpa bimbingan guru Maka jelas gurunya syetan, bahkan kesesatan akan lebih terbuka lebar Waspadailah belajar agama Islam tanpa bimbingan guru. Nah, apakah anda punya guru? .. kunjungilah beliau…!! Apabila ingin mendapat ilmu manfaat dan terjaga dari kesesatan

SILSILAH GURU AHMAD DAEROBIY (KANG DAE)