Tuesday, October 26, 2010

SIAPAKAH ORANG YANG BERAKAL CERDAS ITU ?!

فاَلعاَقِلُ مَنْ كاَنَ بِماَ هُوَ أَبْقىَ أَفْرَحُ مِنْهُ بِماَ هُوَ يَفْنَى قَدْ أَشْرَقَ نُوْرُهُ وَظَهَرَتْ تَباَشِيْرُهُ

Orang yang berakal cerdas ialah orang yang akan memilih sesuatu yang pasti kekal
dan menyenangkan, dari pada sesuatu yang akan rusak dan binasa.
Sungguh cahaya hatinya sudah menjadi terang benderang,
pun cahaya di raut wajahnya akan nampak berseri-seri.

Siapakah seseungguhnya orang yang berakal cerdas itu ? apakah mereka yang telah menciptakan pesawat ? apakah mereka yang telah menciptakan teknologi canggih ? ataukah mereka yang telah mendapatkan berbagai penghargaan dan piala..?!

Mari kita kaji nasihat agama dari kalimat yang tertuang di atas ;

( Orang yang berakal cerdas ialah orang yang akan memilih sesuatu yang kekal dan menyenangkan, dari pada sesuatu yang akan rusak ) sesuatu yang kekal dan menyenangkan ialah akhirat di sorga sedangkan sesuatu yang akan rusak dan binasa adalah dunia.

Apabila dunia itu diyakini akan rusak dan akhirat diyakini akan kekal dan abadi maka tidaklah pantas merasa senang dan gembira ketika mencapai kesuksesan dunia, karena dunia akan rusak dan binasa.

Barangsiapa merasa senang ketika sukses di dunia maka perasaan senangnya juga akan rusak dan berakhir, dan kesenangan yang akan mengalami rusak atau berakhir adalah kesenangan yang dianggap hampa. Dan barangsiapa merasa senang ketika mencapai kesuksesan akhirat maka perasaan senangnya akan kekal dan abadi, dan inilah kesenangan yang layak untuk diperhatikan.

Walhasil, seorang yang memiliki akal sehat dan cerdas, ia pasti akan menjadi seorang juhud, artinya tidak akan pernah mengejar kesenangan dunia. Sedangkan orang yang mengejar kesenangan dunia bukanlah seorang yang berakal sehat, bahkan ia termasuk orang yang sangat, sangat, sangat bodoh, goblok, bahkan idiot. Sesuatu yang akan rusak ia cari sampai habis-habisan sedangkan sesuatu yang akan abadi dia biarkan berlalu.

(Sungguh cahaya hatinya sudah menjadi terang benderang, pun cahaya di raut wajahnya akan nampak berseri-seri ) cahaya juhud akan bersinar dalam hati seorang yang berakal sehat, wajah berseri pun telah nampak di raut mukanya, karena cahaya juhud apabila terbit bersinar dari dalam hati maka ia akan membuat terang dan bersinar pula semua anggota tubuh lainnya, karena semua anggota tubuh akan menerima keadaan hatinya dengan perasaan senang.

Allah mengetahui segalanya.

KONSULTASI HUKUM ISLAM

KAJIAN HARI SABTU

KAJIAN HARI MINGGU

TADARUS MALAM RABU

SYARAH SAFINATUN-NAJA

SYARAH SAFINATUN-NAJA
TERJEMAH KASYIFATUS-SAJA SYARAH SAFINATUN-NAJA

WASPADAI BELAJAR TANPA GURU

WASPADAI BELAJAR TANPA GURU
Ketika mendapatkan ilmu agama Islam tanpa bimbingan guru Maka jelas gurunya syetan, bahkan kesesatan akan lebih terbuka lebar Waspadailah belajar agama Islam tanpa bimbingan guru. Nah, apakah anda punya guru? .. kunjungilah beliau…!! Apabila ingin mendapat ilmu manfaat dan terjaga dari kesesatan

SILSILAH GURU AHMAD DAEROBIY (KANG DAE)